Blogroll

My Clock

Halaman

Blogger templates

Selasa, 27 Agustus 2013

Artikel Tentang Cloud Computing Serta Pengertian Google Drive & 4shared

Hai Mas and Mba' kece kalian pasti sudah mendengar tentang Cloud computing, google drive ataupun 4shared, di kesempatan ini saya akan berbagi sedikit artikel tentang itu ketiganya.. :)
 silahkan simak dengan seksama yak.. :)
dan cekidot :)
 


Pengertian Cloud Computing
Cloud computing mengacu pada tersedianya semua sumber daya komputasi melalui media internet. Sebuah komputer atau perangkat selular yang terhubung ke jaringan cloud computing (komputasi awan) akan memiliki semua data dan program pada hosting yang bisa terhubung setiap saat serta di manapun dengan pengguna. Artinya, pengguna cloud computing dapat terhubung dengan data dan program yang mereka miliki asal memiliki koneksi internet.
Alih-alih menginstal program atau menyimpan data di komputer sendiri, Anda dapat mengakses program yang sama sebagai aplikasi layanan web yang dapat diakses melalui web browser. Cloud computing memberi pengguna kebebasan untuk mengakses pekerjaan mereka  dari manapun asal masih terhubung dengan internet. Cloud computing menjadi mungkin seiring peningkatan kecepatan konektivitas internet. Dan Google adalah salah satu pemain utama dalam bisnis cloud computing dan secara agresif mempromosikan konsep ini di seluruh duniaa..
Kelebihan Cloud Computing
Cloud computing memiliki prospek yang bagus terutama saat ditinjau dari manfaat ekonomisnya. Serta membeli perangkat lunak yang mahal, perusahaan dapat menghemat biaya dengan memilih layanan cloud computing sebagai gantinya. Itu sebab, cloud computing merupakan evolusi komputasi dan internet yang potensinya bisa dimanfaatkan untuk tidak hanya berbagi informasi tetapi juga jasa. Semua pembagian sumber daya dalam cloud computing menjadi mungkin melalui konsep ‘Application Programming Interface’ atau API yang membuat interaksi antara program komputer dari platform yang berbeda menjadi mungkin.
Salah satu contoh aplikasi cloud computing adalah fitur Google Documents. Cloud computing akan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Banyak perusahaan yang lebih memilih solusi cloud computing karena mengurangi biaya dan menyediakan solusi komputasi paling optimal.
Contoh serta Tehnologi pada Could Computing
Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah salesforce.com, Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll. Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet.

Teknologi cloud akan memberikan kontrak kepada user untuk service pada 3 tingkatan:
  • Infrastructure as Service, hal ini meliputi Grid untuk virtualized server, storage & network. Contohnya seperti Amazon Elastic Compute Cloud dan Simple Storage Service.
  • Platform-as-a-service: hal ini memfokuskan pada aplikasi dimana dalam hal ini memungkinkan developer untuk tidak memikirkan hardware dan tetap fokus pada application development nya tampa harus mengkhawatirkan operating system, infrastructure scaling, load balancing dan lainya. Contoh nya yang telah mengimplementasikan ini adalah Force.com dan Microsoft Azure investment.
  • Software-as-a-service: Hal ini memfokuskan pada aplikasi denga Web-based interface yang diakses melalui Web Service dan Web 2.0. contohnya adalah Google AppsSalesForce.com dan social network application seperti FaceBook.. 
          
  

Google Drive
Google Drive adalah layanan berbasis komputasi awan itu dapat digunakan untuk membuat, membagi, mengolaborasikan dan menyimpan data hingga 1 terabite (TB). Menurut perwakilan Google, Sundar Pichai, Drive memungkinkan pengguna mengunggah dan mengakses berbagai file seperti video, foto, Google Docs dan PDF. Semua dapat dilakukan. Anda dapat mengakses file dari mana saja. Di rumah, kantor, atau bahkan saat berada jauh dari perangkat anda, dengan media penyimpanan berbasis awan ini. Menurutnya, Drive dapat digunakan di komputer Mac dan merek lain.
Selain itu, Drive juga bisa digunakan di komputer tablet dan ponsel bersistem operasi Android. Tidak hanya itu, pengguna yang mengalami gangguan penglihatan pun dapat mengakses Drive menggunakan alat pembaca layar (screen reader). Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5 Gigabite (GB) dan dapat digunakan gratis. Jika ingin memperbesar kapasitas sebesar 25GB sampai 1TB, pengguna dikenai tarif sebesar USD2,5-USD50 per bulan.
Layanan berbasis komputasi awan milik Google Drive diklaim sebagai yang termurah. Berbeda dengan layanan lain yang telah diluncurkan kompetitor, Google Drive dapat dikolaborasikan dengan aplikasi pengolah kata Google Docs. Soal harga, layanan Google Drive juga terbilang murah dibandingkan iCloud dari Apple dan Amazon Cloud Drive dari Amazon. Sama seperti iCloud dan Amazon Cloud Drive, Google Drive menyediakan memori gratis berkapasitas 5GB.




4Shared.com
4shared ialah penyedia penyimpanan berkas dalam jaringan yang berasal dari Ukraina yang didirikan pada tahun 2005 di Kiev oleh Alex Lunkov dan Sergey Chudnovsky. 4shared memiliki sekitar 5.300.234 pengguna, 11.000.222 kunjungan harian, 940TB berkas-berkas yang disimpan dalam 4shared dan 317TB transfer berkas setiap hari.
Isi dari pada 4shared.com berupa :


Kegunaan dari pada 4Shared.com
            4shared memungkinkan bagi para penggunanya untuk dapat mengunggah dan mengunduh berkas dalam jaringan menggunakan perambah web. Bagi pengguna regular yang mendaftar secara gratis bisa mengunggah dan menyimpan berkas-berkas mereka hingga kisaran 10240 MB atau 15 GB ke dalam akun 4shared mereka. Namun bagi pengguna yang telah memverifikasi akun email mereka, maka kapasitas penyimpanan akan bertambah menjadi 15 GB.

            Berkas yang telah diunggah akan disimpan dalam jaringan dan kemudian akan diberi alamat URL dan tautan web yang unik yang memungkinkan bagi pemilik akun atau pun pengguna lain baik yang terdaftar ataupun tidak untuk dapat mengunduh dan berbagi-pakai berkas tersebut. Berkas yang telah disimpan memiliki masa kadaluarsa hingga 30 hari setelah pengunggahan atau pengunduhan terakhir, setelah itu berkas akan terhapus dengan sendirinya. Namun bagi pengguna premium, mereka tidak memiliki batasan waktu dalam penyimpanan berkas-berkas mereka. Pengguna bisa memberikan penilaian dengan memberikan ranah (rating) hingga 5 bintang, membagi tautan dan informasi pada berbagai jejaring sosial, memberikan testimoni dan komentar yang bisa diberikan pada suatu berkas. Seorang pengguna juga bisa berlangganan untuk dapat mengetahui perkembangan-perkembangan berkas yang dimiliki oleh pengguna lain, layaknya seorang pengguna yang dapat melihat status temannya pada akun facebook atau twitter
4shared memiliki sistem pencarian yang lengkap yang akan memungkinkan pemilihan format-format berkas atau ekstensi dari suatu berkas yang memudahkan dalam pencarian suatu berkas.
 


Cara Mendaftar di 4shared.com

Untuk mendaftar di 4shared.com sangat gampang
1.     Tulis WWW.4shared.com di address bar atau klik disini
2.     Anda bisa mendaftar dengan menggunakan akun, twitter, facebook, google atau silahkan isi form yang ada dibawahnya.....!!!!!!!



Caranya ketiganya sama yaitu :
Misal daftar pakai Facebook silahkan masuk ke akun facebook.
Setelah itu kita bisa mengakses akun 4shared kita.
Silahkan teman teman upload file apapun untuk dibagikan ke orang lain.
Nah sekarang karena kita sudah mempunyai akun 4shared jadi kita sebelum download file di 4shared harus log in terlebih dahulu.



Demikian sedikit ilmu dari saya, semoga dapat bermanfaat yaa :)
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar